Peringatan Sumpah Pemuda

Upacara Bendera pada Senin, 29 Oktober 2018 di lingkungan SMP Xaverius 1 Palembang dilaksanakan pada pukul 07.00 wib dengan pembina upacara Bapak Teguh Hadi C., S.Kom dengan petugas upacara dari kelas 9 E. Semangat Sumpah Pemuda yang dapat dilakukan pada masa saat ini di lingkungan SMP Xaverius 1 Palembang adalah :

1. Mengikuti Upacara
Kalau biasanya anak-anak mengucapkan janji siswa dalam upacara biasa di sekolah (Tri Prasetya PPSK), akanlah berbeda dengan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. Seperti para pemuda-pemudi bangsa yang hadir dalam Kongres Pemuda II, kalian juga akan melafalkan tiga butir ikrar dalam teks Sumpah Pemuda. Tak lupa lagu Indonesia Raya yang turut dilantunkan bersama dengan pengibaran Sang Merah Putih.

2. Ziarah ke Makam Pahlawan
Para pemuda-pemudi Indonesia dalam Kongres Pemuda I dan II bisa dibilang termasuk pahlawan kemerdekaan Indonesia. Mereka telah menjadi pemersatu muda-mudi dari segala organisasi di Indonesia untuk terus semangat mencita-citakan kemerdekaan Indonesia. Pun bagi mereka yang gugur dalam medan perang demi mengusir para penjajah.

Berziarah ke makam para pahlawan ini tak sekadar memanjatkan doa bagi mereka. Namun, juga sebagai bentuk terima kasih dan pengingat kita akan perjuangan seluruh pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia.

3. Kerja Bakti
Kegiatan yang satu ini mungkin sudah sering kita dengar dan lakukan. Kegiatan kerja bakti ini dapat dilaksanakan untuk memeringati Hari Sumpah Pemuda.

Bisa dikatakan serupa, tapi tak sama dengan apa yang dilakukan para pemuda-pemudi dalam Kongres Pemuda I dan II. Para muda-mudi bangsa Indonesia saat itu tak memandang perbedaan yang ada di antara mereka. Akan tetapi, mereka bersama-sama mengobarkan semangat demi mencapai Indonesia yang bebas dari para penjajah.

Sementara, dalam kerja bakti juga terkandung makna kebersamaan di mana ada unsur gotong royong atau bekerja bersama-sama dengan saling membantu. Misalnya, kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekolah atau sekitar rumah.

4. Baca Buku
Salah satu kegiatan bermanfaat yang sudah kita lakukan guna memeringati Hari Sumpah Pemuda adalah membaca buku / gerakan literasi sekolah=GLS. Kita bisa membaca buku yang berkaitan dengan perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia dan tentunya Sumpah Pemuda agaknya perlu ditingkatkan. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk memperluas wawasan anak bangsa akan sejarah kemerdekaan Indonesia.

5. Jujur
Kegiatan yang bisa kita lakukan saat ini dengan bertidak jujur. Jujur dalam perkataan dan perbuatan.

Perkataan: Sebagai anak-anak SMPK Frater Xaverius 1 untuk tidak berbohong kepada siapapun.

Perbuatan: Sebagai anak-anak SMPK Frater Xaverius 1 pada saat ulangan tidak mencontek.

Wujud lain dari jujur, sekolah ditunjuk oleh pemerintah untuk menyelenggarakan kantin kejujuran dimana anak-anak bisa belajar kejujuran.